Apa Itu Polygon 2.0 dan Apa Bedanya dengan Polygon 1.0?

Polygon 2.0 Image

Apa Itu Polygon 2.0?

Polygon 2.0 merupakan sebuah blueprint yang digunakan sebagai paduan untuk membangun Polygon menjadi lapisan nilai atau value layer pada internet. Rencana ini telah diumumkan oleh Polygon Labs pada 13 Juni 2023.

“Polygon 2.0 bermaksud menciptakan dunia Web3 dengan skalabilitas tak terbatas. Tujuan kami adalah untuk memungkinkan ekosistem di mana beberapa chain beroperasi secara selaras,” jelas Marouen Zelleg.

Tweet about Polygon 2.0

Melalui Polygon 2.0, Polygon ingin menjadi lapisan nilai pada jaringan Ethereum. Polygon 2.0 ingin menjadi sebuah platform yang digunakan untuk menciptakan, memprogram, dan memindahkan suatu nilai. Setiap komponen dari Polygon 2.0 ini akan dibuka ke publik setiap minggunya.

Secara teknis, Polygon 2.0 menggabungkan semua ekosistem seperti Polygon PoS, Polygon zkEVM, dan semua ekosistem Polygon lainnya. Fitur cross-chain pada ekosistem Polygon masih belum optimal dan tidak ada yang menyatukan satu ekosistem dengan ekosistem lainnya. Oleh sebab itu, Polygon ingin dengan dibuatnya Polygon 2.0, dapat menyatukan semua ekosistem Polygon dengan sistem cross-chain yang seamless.

Apa Bedanya Polygon 1.0 Dengan Polygon 2.0?

Sebelum upgrade, Polygon memiliki beberapa perbedaan dengan Polygon 2.0 antara lain:

Token penggerak protokol: Token Polygon sebelumnya adalah MATIC, sedangkan token Polygon 2.0 adalah POL hasil migrasi dari MATIC.

Cara kerja antar jaringan: Polygon sebelumnya bekerja di berbagai jaringan yang terpisah, contoh: pengguna harus melakukan bridge manual dari Polygon PoS menuju ke Polygon zk-EVM. Berbeda dengan Polygon 2.0, interaksi antar jaringan tidak perlu melakukan bridge manual karena sudah digabung.

Apa Saja Komponen Polygon 2.0?

Polygon 2.0 Component

1. Ekosistem Berbasis ZK

Pada 19 Juni 2023, Polygon mengumumkan pembaruan Polygon PoS ke zkEVM Validium. ini merupakan tahap pertama Polygon menerapkan teknologi ZK pada ekosistemnya.Polygon PoS adalah jaringan terbesar pada ekosistem Polygon dengan 2,5 juta transaksi harian dan ratusan aplikasi kripto.

Polygon PoS to zkEVM

2. Arsitektur Jaringan Baru

Pada 26 Juni 2023, Polygon mengumumkan rencananya terkait arsitektur jaringan. Pengumuman ini akan kemungkinan besar akan berhubungan dengan protokol interoperabilitas, yang bisa menghubungkan berbagai jaringan pada Polygon 2.0.

3. Tokenomics Baru MATIC

10 Juli 2023, desain tokenomics yang baru akan diumumkan oleh Polygon. Seperti yang kita tahu, MATIC adalah token yang memiliki kapitalisasi pasar terbesar ke-11 di dunia. Polygon 2.0 ingin menjadikan Polygon sebagai value layer Ethereum dan MATIC kemungkinan besar akna berperan penting dalam hal tersebut.

4. Sistem Tata Kelola Baru

Terakhir, pada 17 Juli 2023 mendatang. Polygon akan mengumumkan sistem tata kelola yang baru. Rencana tata kelola ini kemungkinan akan mengubah sistem tata kelola Polygon menjadi lebih terdesentralisasi.

Posting Komentar

0 Komentar