Selasa, 11 Juli 2023

Apa itu Fungibility dalam dunia Crypto?

Apa itu Fungible?

Singkatnya Fungible atau Fungibility merupakan sebuah kemampuan dari suatu barang yang dapat ditukarkan dengan barang lain bernilai sama.

Fungible dalam NFT

NFT atau Non-Fungible token yang secara harfiah berarti token yang tidak bisa ditukarkan.

Maksud dari tidak bisa ditukarkan disini, berarti NFT tidak bisa ditukarkan dengan NFT lain karena ia memiliki nilai yang tidak sepadan. Maka dari itu disebut Non-Fungible token.

Meski NFT tidak bisa ditukarkan dengan NFT lain, tetapi NFT masih bisa ditukarkan dengan aset Fungible lainnya seperti uang.

Perbedaan aset Fungible dan non-Fungible dalam investasi.

Aset Fungible seperti uang memang bisa dijadikan aset investasi. Namun aset Fungible memiliki beberapa kekurangan yaitu :

1. Kerentanan akan pemalsuan

Aset Fungible sangat rentan terhadap pemalsuan karena ia sangat mudah ditukarkan. Aset Fungible pun lebih rumit untuk disimpan.

2. Eksklusifitas

Karena mudah ditukarkan, aset Fungible tidak memiliki nilai eksklusif sebagai aset yang langka. Hal ini membuat nilai dari aset Fungible tidak naik turun.

3. Depresiasi nilai aset.

Sebagian dari aset Fungible memiliki jangka waktu penyimpanan yang pendek. Hal itu menyebabkan nilai dari aset tersebut menurun. Jika disimpan lebih lama atau melewati batas waktu. Aset Fungible bisa kehilangan banyak nilai atau bahkan tidak bernilai sama sekali.

Disinilah kehadiran NFT untuk mengisi kekurangan aset Fungible.

Kelebihan investasi NFT

1. Semua dapat dilakukan secara Online

Semua orang dapat berinvestasi pada aset NFT karena dibangun pada teknologi blockchain sehingga memungkinkan siapapun untuk ikut berinvestasi.

2. Kemudahan transfer

NFT dapat dengan mudah dan efisien untuk di transfer kemana saja.

3. Kepemilikan digital

Dengan teknologi Blockchain. NFT terjamin kepemilikannnya karena teknologi ini merekam data kepemilikan NFT secara digital.

4. Royalti seumur hidup

Keaslian pada setiap aset NFT tidak dicurangi. Oleh karena itu, pencipta dari suatu NFT dapat menikmati hak royalti sebagai seorang pencipta karya NFT.

Sampai sini dulu penjelasan mengenai Fungibility dalam dunia kripto. Simak artikel lainnya untuk mendapatkan informasi lebih terkini. Terimakasih.

Baca juga

7 Cara Mendapatkan Crypto Gratis Dengan Cepat

Apa Itu Staking Crypto Dan Bagaimana Cara Kerjanya

tes 2603